Tips Menghemat Penggunaan Ram Smartphone Android

Tips Menghemat Penggunaan Ram Smartphone Android – Menggunakan smartphone sudah menjadi hal biasa saat ini. Mungkin, dulu kamu anggap kalau seseorang menggunakan smartphone itu adalah orang yang punya banyak uang. Nyatanya sekarang tidaklah berlaku lagi. Kamu sudah bisa memiliki sebuah ponsel yang terjangkau untuk tipe Android smartphone.

Berbicara smartphone Android, tidak lepas kaitannya dengan spesifikasi. Biasanya, hal yang akan kamu lihat di sebuah smartphone Android adalah spesifikasi termasuk chipset, internal memori, kamera, dan RAM. Nah, kami akan memberikan beberapa tips menghemat RAM yang bisa kamu gunakan ke smartphone Android kamu.

3 Tips Menghemat Penggunaan Ram Smartphone Android

Biasanya pemakaian ram ini menjadi perdebatan dan keluhan oleh para pengguna smartphone Android. Karena kamu merasa kalau kamu tidak menggunakan aplikasi apapun RAM kamu tetap boros. Nah dibawah ini ada beberapa cara untuk menghemat penggunaan ram di smartphone Android.

  • Periksa aplikasi yang berjalan di background

Yang paling utama adalah kamu perlu tahu aplikasi apa saja yang sedang berjalan di Android kamu. Sebenarnya, banyak aplikasi yang berpotensi untuk memenuhi RAM, meski kamu sudah tidak menggunakannya lagi. Sebab, banyak aplikasi yang terkadang masih berjalan di background dan pada akhirnya membuat RAM kamu menjadi boros. Caranya adalah dengan periksa aplikasi yang berjalan, dengan cara masuk ke menu settings > battery & storage > memory. Setelah itu kamu akan menemukan aplikasi yang masih berjalan, maka matikan dengan cara pilih opsi stop.

  • Matikan animasi dan transisi yang aktif

Di setiap smartphone Android, pasti memiliki fitur animasi dan transisi yang menarik yang tersedia secara bawaan. Biasanya, fungsi ini lebih berguna untuk memperindah tampilan antarmuka. Tapi, hal ini dapat berdampak kepada pemborosan RAM. Maka, Anda bisa matikan animasi yang aktif dengan cara masuk ke menu settings > developer. Setelah itu ada tiga pilihan animasi dan transisi, maka Anda bisa mematikan semuanya agar dapat menghemat RAM.

  • Jangan pernah gunakan live walpapers atau widget berlebihan

Sudah hal wajar jika kamu ingin membuat dalaman smartphone kamu terlihat menarik, seperti memasangkan Live Walpapers atau beragam Widgets yang terlihat menarik. Sayangnya, hal yang kamu lakukan itu juga merupakan salah satu faktor pemborosan RAM. Maka dari itu jangan pernah menggunakan live walpapers, karena hal ini juga bisa memakan baterai lebih banyak.

Itulah beberapa cara terbaik untuk menghemat RAM untuk smartphone Android yang saat ini kami sediakan diatas. Semoga dengan informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda menghemat RAM agar lebih efektif dalam penggunaannya.