Tips Mengatasi Smartphone Android Lemot

Tips Mengatasi Smartphone Android Lemot – Smartphone Android sekarang semakin berkembang dan saat ini bahkan sudah mulai bermunculan smartphone yang mempunyai RAM sebesari 8GB, tujuannya adalah agar smartphone Android tersebut lancar dan tidak lemot.

Akan tetapi, mau berapapun besarnya RAM yang ada di smartphone kamu, pasti ada beberapa kondisi yang menyebabkan smartphone kamu terasa lemot. Android smartphone yang lemot ini bisa disebabkan oleh banyak sekali hal, bukan hanya masalah besarnya RAM saja.

Nah, kalau kamu penasaran, simak terus lebih lengkapnya ulasan ini, karena kami akan memberikan informasi seputar cara mengatasi smartphone Android Anda yang sedang mengalami kondisi lemot.

Tips Mengatasi Smartphone Android Lemot Agar Kembali Ngebut

Siapasih yang ga mau smartphonenya kembali ngebut? Pastinya kita mau smartphone kita selalu lancar jaya dan tidak ada lemot sama sekali bukan? Nah, berikut dibawah ini kami akan berikan beberapa tipsnya.

1. Perhatikan jumlah memori

Smartphone dibekali dengan spesifikasi memori yang berbeda. Selain RAM atau Memori Akses Acak, kapasitas memori internal juga mempengaruhi performa smartphone kamu loh. Saat memori internal yang tersedia sangatlah sedikit, itu merupakan salah satu penyebab Android Anda menjadi lemot.

Makanya, untuk mengatasi Android lemot tentunya kamu bisa menghindari penyimpanan banyak data yang berlebihan, sehingga dapat memenuhi memori internal kamu yang menyebabkan Android menjadi lemot. Kalau kamu ingin menyimpan data, usahakan menambahkan kartu SD-Card agar menjadi solusi penyimpanan data jika memang diperlukan.

2. Selalu melakukan pembaruan perangkat lunak

Ketika ada pemberitahuan update software atau pembaharuan perangkat lunak, segera Anda untuk memperbarui perangkat lunak Anda. Kenapa? karena hal ini bertujuan untuk memperbaiki masalah yang ada di sistem sebelumnya. Karena update tersebut bertujuan untuk memberikan kinerja yang lebih baik untuk sistem dari sistem yang sebelumnya. Caranya adalah dengan klik settings – about phone – system update lalu pilih check for updates.

3. Mengurangi penggunaan widget

Selanjutnya, memang penggunaan widget berguna untuk membuat Android tampak lebih menarik, bukan cuma memperindah tampilan homescreen tapi juga sebagai jalan pintas untuk memantau aplikasi tanpa harus membuka folder terkait.

Tapi, hal tersebut dapat mempengaruhi konsumsi RAM yang lebih besar dari normalnya. Dampaknya, Android kamu akan jauh lebih lambat dari sebelumnya. Untuk itu, Anda perlu mengurangi penggunaan widget agar tidak membuat Android lemot.

Bagaimana? Tentunya dengan tips diatas, Anda sudah bisa mendapatkan Android yang lebih ngebut dari sebelumnya, karena memang beberapa kendala diatas merupakan penyebab yang paling sering diabaikan oleh beberapa orang, meskipun masih banyak sebab lainnya, tentunya dengan mengurangi sebab tersebut Anda sudah bisa mendapatkan Android yang jauh lebih ngebut.