Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar All Operator (Telkomsel, Indosat, 3, XL, Axis)

Terhitung dari 31 Oktober 2017, semua kartu SIM prabayar harus melakukan registrasi ulang, Cara registrasi ulang kartu SIM prabayar all operator baik itu telkomsel, indosat, XL, three, axis maupun operator lainnya prinsipnya sama. Kamu tentu sering mendapatkan pesan reminder tentang anjuran registrasi ulang tersebut langsung dari KOMINFO dibeberapa minggu terakhir bukan. Anjuran registrasi ulang ini bukan tanpa alasan sob. Diluar sana banyak terjadi kasus kejahatan yang menggunakan telfon seluler. Salah satu upaya menekan angka kejahatan dengan telfon seluler adalah dengan registrasi ulang kartu SIM.

Peraturan ini merujuk pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2016 beserta perubahannya. Sebenarnya masih banyak masyarakat yang merasa keberatan dengan peraturan ini karena terkesan ribet dan lain-lain, namun pelaksanaannya masih terus berjalan hingga saat ini.

Salah satu hal yang memberatkan masyarakat adalah kamu tidak bisa gonta-ganti SIM prabayar. Apalagi sekarang banyak operator seluler yang memberikan banyak diskon besar-besaran pada paket data, telfon maupun SMS. Tentu kamu sering membeli kartu SIM untuk paket data kemudian membuangnya ketika kuotanya sudah habis. Daripada mengisi ulang, kebanyakan orang lebih memilih membeli kartu SIM baru karena biayanya lebih murah. Sayangnya kebiasaan ini sudah tidak bisa kamu lakukan sekarang.

Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu

Cara registrasi ulang kartu SIM prabayar all operator baik itu telkomsel, indosat, xl, three, maupun axis agar tak kena blokir ini menggunakan data yang terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL). Data yang digunakan adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga. Registrasi ini juga berlaku bagi nomor perusahaan dan nomor pribadi. Untuk satu identitas hanya bisa digunakan untuk mendaftarkan 3 SIM prabayar saja dengan operator yang sama, untuk SIM ke-4 kamu harus mendaftarkannya pada gerai penyelenggara jasa telekomunikasi atau gerai mitra penyelenggara jasa telekomunikasi.

Cara registrasi ulang kartu SIM prabayar all operator agar tak kena blokir

Yuk langsung saja ikuti langkah-langkah berikut agar kartu SIM pabayar milikmu tidak diblokir. Pertama persiapkan data yang akan digunakan untuk proses registrasi. Nomor Induk Kependudukan tertera pada bagian identitas seperti gambar dibawah ini.

Sedangkan nomor Kartu Keluarga ada di bawah tulisan Kartu Keluarga seperti gambar dibawah ini.

Langkah selanjutnya adalah proses registrasi. Cara registrasi ulang SIM Prabayar bagi pelanggan lama dan pelanggan baru sangat mudah dilakukan. Pelanggan lama adalah nomor yang sudah kamu pakai, sedangkan pelanggan baru adalah nomor baru yang belum melalui proses registrasi dengan cara lama maupun cara yang sekarang.

PELANGGAN LAMA

Cara registrasi ulang dengan menggunakan SMS bagi pelanggan lama dengan format sebagai berikut:

  1. INDOSAT, SMARTFREN, DAN TRI

Ketik SMS: ULANG#NIK#NomorKK#

Contoh: ULANG#1234567891011134#1122334455667788.

Lalu SMS kirim ke nomor 4444

  1. XL AXIATA

ULANG#NIK#NomorKK

kemudian SMS kirim ke nomor 4444

  1. TELKOMSEL & SIMPATI

ULANG(spasi)NIK#NomorKK#

Selanjutnya kirim SMS ke nomor 4444

PELANGGAN BARU

Bagi pelanggan baru, format registrasinya berbeda dengan pelanggan lama. Yuk simak formatnya berikut:

  1. INDOSAT, SMARTFREN, TRI

NIK#NomorKK#

  1. XL AXIATA

Daftar#NIK#Nomor KK

  1. Telkomsel & Simpati

Reg(spasi)NIK#NomorKK

Jika sudah mengetik sesuai dengan format diatas, langkah selanjutnya adalah mengirimkan pesan tersebut ke nomor 4444.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam proses registrasi ulang kartu SIM prabayar antara lain:

  1. Pastikan data yang kamu kirim adalah valid, jika data tidak valid maka kamu tidak bisa melakukan proses verifikasi.
  2. Jika data sudah sesuai namun verifikasi tetap gagal, setelah pengiriman dengan format yang sama sebanyak 5x akan muncul pesan pop up yang berisi pernyataan bahwa NIK dan nomor KK yang kamu masukkan sudah benar. Kemudian akan ada pilihan setuju yang bisa kamu pilih.
  3. Periode registrasi ulang kartu SIM prabayar adalah dari 30 Oktober 2017 hingga 28 Februari 2018 mendatang. Jika periode telah habis tapi kamu belum registrasi maka kartu SIM akan diblokir.

Demikian artikel tentang Cara registrasi ulang kartu SIM prabayar all operator agar tak kena blokir. Jangan lupa share artikel Cara registrasi ulang kartu SIM prabayar all operator agar tak kena blokir diatas melalui akun sosial media milikmu. Perlu diingat ya sob bahwa registrasi ini berguna untuk mengurangi angka kejahatan salah satunya adalah terorisme, jadi jangan lupa untuk registrasi secepatnya ya. Semoga bermanfaat.