2 Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Pada saat kita membeli hape Android baru, maka di dalamnya sudah terinstal aplikasi-aplikasi bawaan. Yang menjengkelkan adalah ketika perangkat Android yang kita beli memiliki RAM yang kecil, tapi sudah habis terpakai oleh aplikasi bawaan tersebut. Padahal tidak sepenuhnya aplikasinya berguna buat kita.

Beberapa aplikasi bawaan Android juga sangat mengganggu, apalagi saat proses update, HH kita akan menjadi lemot terutama saat dipakai untuk bowsing.

Aplikasi bawaan Android juga bisa mempercepat habisnya baterai dan paket data internet kita, karena beberapa aplikasi membutuhkan koneksi internet agar tetap berjalan tanpa kita sadari.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Menghapus aplikasi bawaan Android tanpa melakukan root adalah sesuatu yang sangat sulit dilakukan. Karena biasanya aplikasi tersebut sudah dikunci oleh sistem.

Namun banyak pengguna yang tidak mau ambil resiko dengan melakukan root pada Android mereka. Alasannya bermacam-macam, seperti takut hang, bootlop, Android tidak mau masuk sistem hingga takut hilangnya klaim garansi perangkat mereka.

Jika Anda termasuk tipe pengguna seperti itu, maka trik ini bisa dicoba.

Tanpa Aplikasi

Jika Anda menginginkan perangkat tetap dalam kondisinya dalam artian tidak dilakukan root,  maka cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan men-disable aplikasi bawaan Android.

Caranya adalah dengan masuk ke Menu ⇒ Setting ⇒ Opsi App, di sana akan muncul list aplikasi, tekan dan tahan aplikasinya dan tap disable. Akan muncul pop up peringatan, klik saja ok. Tidak semua aplikasi bisa di disable, seperti kontak, SMS, telepon dan lain-lain.

Cara disable ini tidak bisa membuat kapasitas RAM Android Anda lega, karena kita hanya menonaktifkan saja tanpa menghapusnya. Tapi bisa menghemat batterai, karena aplikasi tersebut benar-benar tidak bekerja lagi.

Jika ingin mengaktifkan kembali, maka lakukan hal yang sama seperti di atas, tekan dan tahan pada aplikasi dan pilih “Enable”.

Baca yuk: 5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Root

Dengan Aplikasi CCleaner

Tidak semua merk Android bisa bekerja dengan cara ini. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba, toh tinggal hapus aplikasinya saja jika memang tidak berfungsi.

  • Download dan instal aplikasinya di Play Store.
  • Kemudian buka aplikasi CCleaner-nya.
  • Tap pada menu yang terletak di pojok kiri atas, kemudian pilih App Manager.
Androox.com Androox.com
  • Akan ditemui tiga tab, yakni Installed, System dan Disable.
  • Untuk menghapus aplikasi bawaan, geser pada menu System. Nah, di situ akan muncul berbagai aplikasi bawaan Android yang akan dihapus.
  • Pilih Aplikasinya dan tap pada logo “Tong Sampah”
Pilih System Pada App Manager | Androox.com
  • Centang aplikasi yang akan dibuang (saya contohkan aplikasi browser) lalu tekan Uninstal. 
Androox.com
  • Maka akan muncul peringatan, jika sudah yakin klik Continue.
Androox.com

NB: Beberapa Android diperlukan akses Root untuk melakukan ini. Harap jangan menghapus aplikasi bawaan sembarangan, jika Anda belum melakukan Backup.

Dan Anda telah berhasil menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root. Kapasitas RAM yang tadinya sesak akan kembali lega setelah anda melakukan ini.