Cara Mengembalikan Imei Yang Hilang Dengan Mudah

Cara Mengembalikan Imei Yang Hilang Dengan Mudah – Kalian pernah merasakan kehilangan IMEI? Biasanya kalian terkena masalah ini ketika selesai melakukan flash, hard reset atau factory reset dan rooting pada smartphone Android.

Akibat buruk dari kehilangan IMEI ialah smartphone atau ponsel Anda tidak mendapatkan sinyal alias sinyal SOS, jadi kalian tidak bisa lagi internetan atau bahkan sekedar mengirim sms atau menggunakan telfon dan tentunya hal itu sangat mengganggu bukan? Pastinya sangat mengganggu kalian.

Kalian perlu tahu, International Mobile Equipment Identity tersebut tersusun atas nomor nomor kombinasi yang unik, IMEI antara smartphone satu dengan yang lainnya tidak sama, IMEI yang tidak valid ialah masalah yang sangat umum dan seringkali dihadapi oleh sebagian besar perangkat MediaTek termasuk Xiaomi Redmi, MicroMax, Samsung, Oppo dll.

Cara Mengembalikan Imei Yang Hilang Dengan Mudah – Apa itu IMEI ?

International Mobile Equipment Identity atau biasa disebut dengan nama IMEI yaitu sebuah nomor unik yang diberikan untuk setiap ponsel yang biasanya ditemukan di belakang baterai, Sejak tahun 2004 IMEI juga tampil dalam format AA-BBBBB-CCCCCC-D bagian yang berlabel A dan B dikenal sebagai kode alokasi jenis. Kemudian bagian TAC dari IMEI mengidentifikasi produsen dan model perangkat smartphone.

Misalnya kode pada smartphone Google Pixel TAC yaitu 38-162342, sedangkan iPhone 6s plus ialah 35-23132 Kemudian beberapa model memiliki beberapa TAC tergantung pada revisi, lokasi manufaktur, dan faktor lainnya.

Enam digit C mewakili nomor seri unik perangkat Anda dan ini ditentukan oleh produsen handset, Bagian D imei merupakan digit cek yang memastikan IMEI memenuhi alokasi dan panduan persetujuan, Angka yang kalian cek ditampilkan pada kemasan bertujuan untuk mencegah IMEI tidak benar dicatat, namun tidak termasuk bagian dari IMEI yang terdokumentasi.

Nah, Nomor International Mobile Equipment Identity dari telepon seluler yang terhubung ke jaringan GSM disimpan dalam database ( Register Peralatan EIR- Peralatan ) yang d imana IMEI tersebut berisikan semua peralatan telepon selular yang valid, bila telepon dilaporkan atau dicuri nomor tersebut ditandai tidak sah.

Kumpulan angka pertama ialah kode persetujuan jenis, dua digit pertama mewakili kode negara, sisanya membuat kode assembly akhir, kelompok nomor kedua mengidentifikasi produsen, Contohnya seperti dibawah ini.

  • 01 dan 02 = AEG
  • 07 dan 40 = Motorola
  • 10 dan 20 = Nokia
  • 41 dan 44 = Siemens
  • 51 = Sony, Siemens, Ericcson

Nah, jika kalian sudah mengetahui tentang IMEI, kita akan langsung berlanjut untuk mengetahui cara mengembalikan nomor imei dengan mudah dan cepat, berikut adalah caranya.

Cara Mengembalikan Imei Yang Hilang Dengan Mudah

Cara mengembalikan IMEI yang hilang tentunya kalian bisa lakukan dengan beberapa cara, ada banyak sekali cara untuk mengembalikan IMEI yang hilang tentunya belum hal tersebut terjadi, kalian bisa melakukannya dengan mempersiapkan beberapa persyaratan dan langkah-langkah agar bisa mendapatkan kembali IMEI tersebut

Kalian ingin mengetahui apa saja dan bagaimana caranya untuk mengembalikan IMEI? Kalian bisa mendapatkan caranya dibawah ini, baik dengan aplikasi, atau denganĀ  cara root, atau dengan cara simpel yang kalian bisa gunakan dengan mudah dibawah ini.

Cara Mengembalikan IMEI Dengan Mencari Nomor IMEI

Pertama, cara untuk mengembalikan IMEI yaitu dengan cara mencari nomor IMEI, tentunya dibawah ini adalah cara mudah untuk mengembalikan nomor IMEI.

  1. Siapkan smartphone yang sudah di Root
  2. Cari nomor Imei yang tertulis di Perangkat Anda, jika dual sim maka mempunyai dua IMEI. Bisa ditemukan juga dengan cara menggunakan dial atau panggilan *#06# atau dapat dilihat pada kotak hp ketika Anda b eli dulu, bisa juga diliat pada tempat baterai.
  3. Unduh dan instal aplikasi MTK Engineering Mode App atau mObile Uncle Tools
  4. Setelah selesai download, kalian perlu install dan pilih menu MTK Settings.
  5. Pada menu Connectivity pilih CDS Information
  6. Selanjutnya pilih Radio Information
  7. Pada kotak dialog tersebut ada tulisan AT+, Ketik lanjutannya jadi : AT+”EGMR=1,7,” nomor Imei yang Anda catat”. Contoh AT+EGMR=1,7″5632317723″, lalu ketik Send Command jika benar maka akan muncul pemberitahuan AT Command is Sent.
  8. Lain lagi Jika ponsel Anda memiliki dua kartu sim, untuk tambahan kodenya bisa seperti ini AT+EGMR=1,10″ISI IMEI SIM 2 DISINI” jadinya akan serprti ini, AT+EGMR=1,10,”1234556434″ Selanjutnya ketuk Send At Command, jika berhasil maka akan muncul notifikasi At Command is Sent.
  9. Jika perintah tidak berhasil cukup tambah spasi setelah AT ie.+EMGR bukan AT +EMGR.
  10. Restart Smartphone Android Anda.
  11. Kemudian jika Android Anda sudah kembali hidup silahkan kembali cek IMEI Android Anda dengan cara tekan *#06# maka IMEI Android Anda akan muncul atau dengan lihat informasi Android Anda pada pengaturan ponsel dengan cara masuk ke Menu Pengaturan > About Ponsel > Info > Selesai.

Nah, itu adalah cara menemukan IMEI kalian dengan menggunakan cara mencari nomor IMEI, tentunya sangat mudah bukan? Kalian bisa mendapatkan nomor IMEI kalian kembali dengan mudah dan cepat, kemudian kalian bisa mendapatkan IMEI dengan cara selanjutnya.

Cara Mengembalikan IMEI Menggunakan Aplikasi Chamelephon

Berikutnya cara mudah untuk mengembalikan IMEI dengan menggunakan aplikasi chamelephon, bagaimana caranya? berikut adalah caranya.

  1. Unduh dan install aplikasi Chamelephon
  2. Buka aplikasi tersebut
  3. Isikan IMEI yang sudah Anda catat sebelumnya, ada dua kolom untuk SIM 1 dan SIM 2 tergantung perangkat, bisa juga mengacak IMEI Anda dengan cara ketuk Generate Random IMEI
  4. Jika benar maka Anda akan mendapatkan tanda centang
  5. Setelah itu ketuk Apply New IMEI
  6. Jika ada konfirmasi ketuk Change
  7. Kemudian restart smartphone

Nah, ini juga merupakan cara yang mudah untuk mendapatkan IMEI dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bermanfaat untuk mengembalikan IMEI yaitu Chamelephon, tentunya aplikasi ini sangat bermanfaat, selain itu kalian bisa juga menggunakan cara selanjutnya.

Cara Mengembalikan IMEI Dengan Mode Backup

Jika kalian tidak bisa menggunakan metode diatas, kalian bisa menggunakan metode ini untuk mendapatkan IMEI kalian dengan mudah, bagaimana caranya? tentunya sangat mudah, sebelum itu kalian perlu menyiapkan persiapan sebelum menggunakannya.

Syarat Yang Dibutuhkan :

Sebelum melakukan metode ini kalian perlu menyiapkan beberapa syarat dibawah ini, tentunya agar mempermudah dalam mendapatkan IMEI.

  1. Akses root
  2. Nomor IMEI
  3. Download Mobile MTK Write Tool Zip
  4. Download Uncle Mobile Tool
  5. PC

Ketika kalian sudah menyiapkan beberapa persyaratan tersebut, kalian langsng melanjutkan langkah-langkahnya dibawah ini.

Langkah-Langkah Mengembalikan IMEI Dengan Mode Backup

  • Buka file Aplikasi alat MTK tersebut, pertama masukkan perintah Y dan tekan enter.
  • Kemudian kalian masukkan nomor IMEI dan tekan enter
  • Sekali lagi masukan nomor IMEI dan tekan enter
  • Untuk melanjutkan stepnya, yaitu buat file IMEI.bak dan salin perangkat Anda ke penyimpanan terkait : Fix-” Overlay layar Terdeteksi”.
  • Buka alat mobile tersebut, pilih IMEI Backup & Restore file .bak
  • Jika sudah selesai, reboot perangkatnya kemudian Anda akan melihat jaringan lagi.

Nah, jika kalian ingin cara lain tentunya kalian bisa menggunakan cara lain dibawah ini untuk mengembalikan IMEI dengan menggunakan kode dan perintah perangkat, tentunya cara ini merupakan cara yang mudah dan simpel.

Cara Mengembalikan IMEI Dengan Menggunakan Kode dan Perintah Perangkat

Selain beberapa metode tadi, metode ini paling mudah dan banyak disukai untuk perangkat Samsung, namun Anda juga bisa menggunakan smartphone lainnya untuk cara ini, bagaimana caranya? Berikut adalah caranya.

  1. Di dalam dialer phone, ketik *#197328640# atau *#*#197328640#*#*
  2. Pada Command Mode, pilih opsi “Command”
  3. Tanpa meninggalkan layar Command, tekan tombol menu
  4. Pilih masukan tombol dan nyalakan FTM OFF Anda
  5. Setelah satu menit keluarkan baterai perangkat dan SIM, tempatkan baterai kembali tapi tidak di kartu SIM, kemudian hidupkan lagi perangkat.
  6. Saat telepon di reboot, masukan ke mode perintah lagi kemudian masuk ke menu dial, ketikkan *#197328640#
  7. Pilih Debug Screen diikuti dengan kontrol
  8. Kemudian, klik “RRC(HSDPA)
  9. Untuk perbaiki tidak terdaftar di jaringan, klik revisi RRC
  10. Pilih HSDPA saja
  11. Reboot telepon tersebut dan kemudian masukkan kartu SIM untuk menghubungi *#06# untuk melihat apakah nomor IMEI dapat dipulihkan.

Noted : Jangan membuat perubahan yang tidak perlu di Aplikasi MTK, ini adalah alat yang sangat sensitif.

Itulah beberapa cara untuk mengembalikan IMEI Anda yang tidak sengaja hilang atau terlupakan, Menyimpan atau mengingat IMEI dapat mempermudah Anda apabila ada kejadian buruk seperti kehilangan Android atau yang terburuk jika Anda mengalami kejahatan atau penculikan.

Bagaimana? Tentunya cara tersebut dapat bermanfaat bagi kalian yang kehilangan IMEI, tentunya kalian bisa menggunakan cara tersebut agar mendapatkan IMEI kembali dengan mendapatkan IMEI tersebut menggunakan beberapa proses dan cara yang bisa kalian lakukan diatas, tentunya sangat mudah dan simpel dengan mengikuti Cara Mengembalikan Imei Yang Hilang Dengan Mudah.