Cara Membuat Sendiri Penguat Sinyal HP Android

Cara membuat sendiri penguat sinyal HP android tanpa aplikasi serta menggunakan bahan yang mudah ditemui disekitar kita. Keberadaan teknologi saat ini sudah tidak bisa dipisahkan dengan manusia. Salah satunya adalah keberadaan gadget dan internet. Sekarang smartphone dan internet sudah seperti kebutuhan primer yang dibutuhkan oleh semua lapisan masyarakat. Bagaimana tidak? media komunikasi sehari-hari saja banyak yang menggunakan aplikasi android yang membutuhkan koneksi internet, segala informasi juga banyak tersedia di internet, nyari tugas kuliah tinggal searching di internet, dan masih banyak lagi penggunaan internet dan smartphone dalam aspek kehidupan kita.

Dengan semakin bertambahnya permintaan konsumen, kini banyak beredar smartphone android dengan harga berkisar 1 jutaan hingga puluhan juta. Semahal apapun harganya tentu fungsi utama dari smartphone android tetap sebagai alat komunikasi dan penyedia informasi jika disambungkan dengan internet. Untuk bisa menikmati internet, kita diharuskan untuk menyambungkannya ke wifi ataupun membeli paket data.

Seperti yang kita tahu kini banyak tempat nongkrong yang menyediakan wifi gratis bagi pengunjungnya. Ada juga wifi berbayar yang bisa kamu nikmati di beberapa tempat dan membayarnya cukup dengan pulsa atau voucher. Jika tidak ada wifi, tentu kamu harus membeli paket data yang biasa dijual di counter pulsa terdekat. Dengan banyaknya pengguna internet seperti sekarang, kini banyak operator seluler yang menyediakan bonus internet besar-besaran yang bisa kamu nikmati dan biasanya bonus kuota yang bisa dinikmati adalah kuota pada jaringan 3G dan 4G.

Namun masalah yang sering terjadi adalah tidak semua wilayah menjangkau sinyal internet yang bagus. Contohnya saja di daerah pegunungan atau pinggiran kota, tentu  kamu akan merasa kesulitan dalam mencari sinyal karena jarak pemancar yang lumayan jauh dari jangkauan. Buat telfon saja susah apalagi buat internetan.

Cara Membuat Sendiri Penguat Sinyal Hp Android

Tapi jangan khawatir dulu sob, kali ini saya akan sharing tentang cara membuat sendiri penguat sinyal HP android. Alat dan bahan yang kamu butuhkan juga sebagian besar bisa kamu dapatkan dirumah. Yuk simak langsung cara membuatnya.

#STEP 1

Perlu diketahui bahwa penguat sinyal yang akan kita buat tidak disambungkan langsung pada HP android saat pemakaian, tapi penguat sinyal ini diletakkan di luar rumah (outdoor) dan disambungkan dengan penguat sinyal yang didalam (indoor) seperti antena dengan disambungkan oleh kabel.

Pertama persiapkan dahulu alat dan bahan. Yang kamu butuhkan untuk membuat penguat sinyal HP adalah 2 hanger baju, kawat besi 2-4 mm (kawat tanpa lapisan cat akan lebih efisien digunakan), dua buah  electric cable connector block (20A jika ada), kabel koaksial dengan panjang secukupnya untuk menyambungkan penguat outdoor dan indoor, sekrup, kacamata dan gloves sebagai pengaman dan obeng.

#STEP 2

Langkah selanjutnya adalah buat hanger baju menjadi seperti gambar berikut. Perhatikan ukurannya dan 3 sudut yang dibentuk sebesar 90 derajat dan dua lainnya 45 derajat. Selanjutnya hubungkan ujung hanger dengan 2 konektor blok. Perhatikan pada gambar, disana terdapat garis merah dan kuning. Untuk membuat metalic shield (garis merah) kita perlu memotong kabel TV dengan panjang kurang lebih 15 cm. Setelah itu buka kulit luarnya hingga tersisa bagian dalamnya saja (kawat halus seperti jaring laba-laba). Kemudian putar kedua ujungnya dengan arah yang berbeda agar kawat halus ini menggulung dan memendek. Jika sudah cukup, hubungkan pada dua ujung konektor yang telah disambungkan dengan hanger tadi. Sekarang ulangi langkah diatas hingga kita memiliki 2 antena yang sama.

Setelah dua antena tersebut, langkah selanjutnya adalah menghubungkannya dengan kabel TV. Sebelumnya kita harus menambahkan kawat sebagai penghubung. Pada gambar diatas, warna orange tersebut adalah kawat yang menghubungkan antena dengan kabel TV. Buat kawat tersebut menjadi seperti gambar dibawah ini dengan dibentuk spiral dengan 5 putaran searah jarum jam menggunakan sekrup dengan jarak sekitar 5 cm dari ujung hanger. Kemudian sambungkan dengan kabel TV dengan mengupas bagian luar kabel, kemudian hubungkan dan kencangkan dengan sekrup.

STEP 3

Jika antena sudah jadi dan terhubung satu sama lain, langkah selanjutnya adalah meletakkan antena outdoor dan indoor. Pastikan kamu memasang pada lokasi yang memiliki kekuatan sinyal pang bagus untuk antena outdoor. Jangan lupa penempatan antena harus secara vertikal untuk hasil yang optimal.

Demikian artikel tentang cara membuat sendiri penguat sinyal HP android. Jangan lupa share artikel tentang cara membuat sendiri penguat sinyal HP android diatas melalui akun sosial media kamu ya sob. Semoga bermanfaat.