Cara Memanfaatkan Whatsapp Untuk Bisnis Toko Online

Cara Memanfaatkan Whatsapp Untuk Bisnis Toko Online – Bisnis merupakan salah satu cara untuk kita bisa mendapatkan banyak keuntungan, selain usaha atau dagang merupakan salah satu cara cepat mendapatkan keuntungan tentunya bisnis juga sangatlah mengasyikkan dan menantang.

Nah, kenapa tema bisnis ini kita ambil sebagai artikel kali ini? Tema bisnis ini tentunya kami ambil karena whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di indonesia, saat ini hampir setiap smartphone pasti menginstall aplikasi whatsapp di smartphonenya.

Keberadaan whatsapp saat ini juga sudah masuk ke ranah bisnis yang tentunya dapat mempermudah para pembisnis untuk melakukan promosi dan transaksi penjualan, ada banyak sekali pemilik bisnis dan toko online yang menggunakan whatsapp sebagai saluran pemasaran dan juga komunikasi dengan pelanggan.

Melihat fenomena ini maka tidak mengherankan jika Whatsapp merilis aplikasi tambahan yang bernama Whatsapp Bussiness, sebuah aplikasi whatsapp yang bertujuan untuk kegiatan bisnis. Whatsapp ini fiturnya lebih banyak dan sesuai untuk tujuan dibuat yaitu untuk berbisnis.

8 Cara Memanfaatkan Whatsapp Untuk Bisnis Toko Online

Dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis atau toko online dengan menggunakan fitur Whatsapp Bussiness, setidaknya ada beberapa cara untuk bisa mengoptimalkan dalam penggunaannya. Dan pada halaman ini kita akan membahasnya satu persatu dan berikut ini adalah beberapa cara untuk menggunakannya.

  • Click to Chat

Cara yang pertama untuk memudahkan dalam pengembangan cara berbisnis adalah menggunakan fitur whatsapp bussines yaitu click to chat untuk bisnis dan toko online, Dengan fitur click to chat ini memungkinkan pelanggan bisa terhubung dengan kita tanpa perlu tahu beberapa nomor HP kita.

Caranya sangatlah mudah, hanya dengan melakukan klik link atau tombol yang kita letakkan di berbagai tempat atau di sosial media, contohnya seperti di landing page, status facebook, artikel blog hingga di brosur atau leaflet bisa kita taruhkan.

Nah, Bagaimana cara kita menggunakan fitur tersebut? Caranya mudah, untuk bisa menggunakan fitur clik to chat ini caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu memiliki nomor hp yang sudah terkoneksi dan bergabung dengan whatsapp bussiness, dan mengikuti format sederhana berikut ini, setelah itu tinggal Anda bagikan di sosial media atau menempatkannya di blog / landing page sebagai link.

Karena kita berada di indonesia maka kita menggunakan kode negara yaitu 62. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah penulisan nomor HP ini semuanya disambung dan tidak boleh dipisah dengan titik, spasi atau tanda strip, contohnya seperti dibawah ini.

https://wa.me/6281585431189

Selain itu kalian juga bisa menambahkan teks pada click to chat seperti dibawah ini.

https://wa.me/KodeNegaraDanNomorHP?text=TeksYangMauDitambahkan

Dan untuk variabel teks yang mau ditambahkan tersebut bisa kita isi sesuai yang kita mau, misalnya mengikuti contoh seperti dibawah ini.

Saya ingin beli jam tangan model ini. Berikut data diri saya.

Nama :
Alamat :
Nomor HP :
Alamat Email :
Jumlah Beli :

Sayangnya untuk menggunakan teks ini kita tidak bisa tuliskan spasi atau enter begitu saja, kita harus mengkonversi pada enter ini menjadi kode url, tentunya untuk mengubahnya kalian perlu buka halaman https://www.urlencoder.io/ kemudian etikkan teks yang ingin Anda jadikan URL, kalian bisa menuliskannya dengan spasi dan juga enter lalu akan secara otomatis terkonversi.

Nantinya ada link yang muncul ketika Anda sudah mengetikkan kata-kata yang diinginkan, Anda hanya perlu copy link tersebut lalu kita tempatkan pada teks whatsapp diatas, sehingga contohnya seperti dibawah ini.

https://wa.me/6281585431189?text=Saya%20ingin%20beli%20jam%20tangan%20model%20ini.%20Berikut%20data%20diri%20saya.%0A%0ANama%20%3A%0AAlamat%20%3A%0ANomor%20HP%20%3A%0AAlamat%20Email%20%3A%0AJumlah%20Beli%20%3A

Jika link tersebut di klik maka Anda akan menemukan link chat menuju whatsapp seperti dibawah ini, yang tentunya akan otomatis mengirimkan pesan tersebut ke nomor Anda.

Jika url tersebut terlalu panjang kita bisa menyingkatnya lagi dengan menggunakan url shortener seperti menggunakan bit.ly caranya cukup mudah, Anda hanya perlu copy link tersebut kemudian menaruhnya di bit.ly dan kemudian Anda bisa copy link tersebut untuk mendapatkan link yang pendek dari bit.ly tersebut.

  • Automatted Messages ( Pesan Otomatis )

Selanjutnya cara menggunakan Whatsapp Bussiness untuk bisnis dan toko online adalah memanfaatkan penggunaan Automatted Messages, dan ini adalah fitur dari Whatsapp Bussiness yang membuat kita bisa membalas pesan Whatsapp untuk pertama kalinya secara otomatis.

Fitur ini sangatlah bermanfaat, dimana jika para csotumer sudah melakukan klik pada link whatsapp tersebut maka secara otomatis WhatsApp Bussiness akan mengirimkan pesan balasan yang sudah kita persiapkan sebelumnya, jadi walaupun kita sedang jauh smartphone pelanggan akan tetap mendapatkan balasan dengan cepat dan tepat.

  • Simpan Kontak Yang Masuk Sebagai Leads

Setelah memanfaatkan automated messages, cara berikutnya adalah menyimpan setiap kontak yang masuk di WhatsApp pada google contact, kami ulangi sekali lagi, menyimpannya di Google Contact bukan di SIM Card ataupun di media penyimpanan internal smartphone dengan mudah agar bisa mempromosikan produk Anda.

Tujuannya ialah agar kotan yang tersimpan tersebut bisa tersingkron dengan akun google kita, kemudian jika smartphone kita mengalami kerusakan atau hilang kita dapat menyalin kembali kontak yang tersimpan atau membackup kontak yang hilang dengan mudah menggunakan Google Contact tersebut.

Untuk data yang disimpan selain nama dan nomor HP sebisa mungkin juga kita simpan alamat rumah / kantor dan alamat email dari pelanggan kita, mungkin ini akan berguna dan bermanfaat untuk suatu saat nanti.

  • Mengoptimalkan Profil Bisnis

Cara selanjutnya ialah mengoptimalkan profil bisnis, sebisa mungkin kita harus melengkapi semua field yang ada di bisnis profil, contoh field yang ada di bisnis whatsapp profil antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Foto profil
  2. Alamat lengkap
  3. Kategori bisnis
  4. Deksripsi bisnis
  5. Hari dan jam operasional
  6. Alamat email bisnis
  7. Alamat website
  • Menggunakan Label

Nah, sangat banyak fitur yang bermanfaat untuk whatsapp bisnis, satu lagi fitur yang bermanfaat yaitu fitur label yang bisa digunakan pada Whatsapp Bussiness untuk bisnis dan toko online, prinsip label ini merupakan cara untuk menandai dan mengkategorikan chat berdasarkan kriteria tertentu, tujuannya adalah agar bisa memudahkan kita melakukan follow up dan juga membedakan chat mana yang sudah melakukan pembayaran dan mana yang belum.

Whatsapp bussiness ini sudah menyediakan beberapa label default antara lain adalah sebagai berikut.

  1. New Costumer
  2. New Order
  3. Pending Payment
  4. Paid
  5. Order Complete

Label tersebut juga kita bisa hapus atau kita tambahkan sesuai dengan keinginan kita, tentunya sangatlah mudah menggunakannya.

  • Quick Replies

Selanjutnya cara untuk menggunakan Whatsapp Bussines untuk bisnis dan toko online berikutnya adalah menggunakan fitur quick replies atau bahasa indonesianya ialah balasan cepat.

Fitur ini tentunya bisa kita gunakan untuk menjawab pertanyaan berulang seperti dibawah ini.

  1. Nomor rekening
  2. Cara pembelian
  3. Spesifikasi produk dan harga
  4. Dan lain sebagainya
  • Integrasikan Dengan Saluran Pemasaran Lainnya

Cara yang selanjutnya ialah memanfaatkan integrasi antara saluran pemasaran lainnya untuk menjadi media promosi agar bisa mendapatkan banyak pelanggan. Salah satu kelemahan dari penggunaan Whatsapp ialah terbatasnya jumlah penerima pesan massal dan juga jumlah dari anggota grup, sehingga kita ingin mengirimkan pesan ke banyak orang akan terkendala pada batasan jumlah yang ditentukan oleh Whatsapp tersebut.

Oleh karena itu agar kita bisa tetap terhubung dengan semua orang yang ada di kontak kita, kita perlu menghubungkan dengan saluran pemasaran lainnya seperti email marketing ataupun telegram channel. Khususnya untuk fitur menghubungkan email marketing, saat pelanggan mengisi data dirinya melalui click to chat sebenarnya kita sudah mendapatkan alamat email pelanggan kita, kita hanya perlu import ke layanan email marketing tersebut agar bisa masuk ke semua kontak pelanggan yang kita miliki.

  • Hubungkan Whatsapp Bussiness Dengan Whatsapp Web

Nah, jika Anda sudah bisa menggunakan cara diatas sekarang Anda perlu meningkatkan performa dalam melakukan follow up untuk leads yang masuk dengan menggunakan Whatsapp Web. Pertanyaannya, apakah bisa whatsapp bussiness terhubung ke Whatsapp Web? Jawabannya adalah, Bisa! Bagaimana caranya? Berikut adalah cara menghubungkannya.

  1. Buka halaman website Whatsapp Web pada PC, Laptop, Atau Mac
  2. Buka Whatsapp Bussiness di Smartphone Anda
  3. Pilih icon titik tiga di pojok kanan atas pada aplikasi Whatsapp Bussines
  4. Pilih fitur Whatsapp Web , nanti akan muncul kamera untuk scan barcode
  5. Scan Barcode yang ada di PC atau laptop dengan menggunakan smartphone
  6. Whatsapp Web Bussines sudah terbuka dan sudah bisa untuk diakses

Nah, Dengan mengikuti beberapa metode tersebut, kini Whatsapp Bussines Anda sudah bisa terhubung dengan Whatsapp Web yang ada di laptop atau PC, tentunya kalian para pembisnis tidak perlu repot untuk chatitng lewat smartphone lagi, karena kalian sekarang sudah bisa chatting lewat komputer atau laptop yang tentunya dapat meningkatkan performa kalian dalam follow up, membalas chatting, responsibilitas kalian terhadap konsumen akan meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan menggunakan smartphone.